Stmik Nusa Mandiri Ubah Paradigma Mahasiswa Dari Pekerja Menjadi Pengusaha

Stmik Nusa Mandiri Ubah Paradigma Mahasiswa Dari Pekerja Menjadi Pengusaha

Meski kamu tidak kuliah di jurusan bisnis, namun bukan berarti tidak bisa belajar bisnis on-line. Kamu bisa mengikuti kelas bisnis untuk mengasah kemampuanmu di bidang tersebut. Dekan FTI UMI, Zakir Sabara mengatakan, kegiatan kali ini, menjadi hal yang membanggakan.

Dengan banyaknya tugas yang silih berganti dari dosen, terlebih ketika menginjak semester tua, mahasiswa harus pintar-pintar dalam membagi waktu. Jika mahasiswa kuliah sambil berwirausaha tentu memiliki kesibukan lebih yag dapat menyita waktu untuk memikirkan kuliah. Mahasiswa juga dihadapkan dengan permasalahan kebutuhan sehari-hari yang tidak sedikit. Mereka memerlukan biaya untuk membayar kuliah, tempat tinggal bagi mahasiswa luar daerah, dan biaya untuk makan.

Bagi mahasiswa yang memiliki passion di bidang kuliner, bisa mulai mencoba peluang bisnis seputar makanan, minuman, resto ataupun cafe. “Sebagai pengusaha yang berangkat dari nol, Alim Markus ingin menciptakan 1 juta entrepreneur. Keinginan ini sejalan dengan visi dan misi Unusa, sebagai universitas yang mencetak para entrepreneur,” kata Wakil Rektor 1 Unusa Prof Kacung Marijan Drs MA Ph.D saat membuka kuliah umum di Ruang Auditorium lantai 9, Tower Unusa, Kampus B. Jika pertanian dipandang bisnis itu, banyak peluang kerja dan peluang usaha.

Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberimu banyak keuntungan. Saat ini banyak financial institution berlomba menggelar kompetisi wirausaha untuk mahasiswa, sehingga kamu bisa mendapat suntikan modal dari sana dengan ide usahamu yang unik. Selain itu, menumbuhkan usaha kecil-kecilan sejak kuliah juga bisa membuatmu punya pekerjaan pasti saat sudah lulus kuliah nanti. Kedua anak muda ini menekuni bidang usaha yang berbeda yaitu peternakan dan kesehatan. Dari bisnis tersebut tidak hanya berhasil mendatangkan keuntungan usaha. Lebih dari itu juga memberikan manfaat dan dampak positif dalam memberdayakan masyarakat.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Kayak dari segi pengiriman, baik itu pengiriman ke luar negeri sama pengiriman di pasar lokal itu kurang ramai karena banyak orang yang PSBB ini males keluar segala macem,” ujar Riski , pemuda pengusaha belut di Surabaya. Dia menambahkan, WUB merupakan salah program prioritas Bupati Pamekasan di bidang ekonomi dengan goal menciptakan 10 ribu pengusaha baru selama lima tahun kepemimpinannya. Sementara bagi peserta yang telah melakukan pembayaran, maka tidak dapat dilakukan penggantian pilihan kelompok ujian atau program studi. Program studi Kimia menitikberatkan pada pendidikan dan penelitian energi masa depan meliputi sintesis dan rekayasa materials baru baik secara teori maupun eksperimen. Melalui program studi ini, mahasiswa disiapkan untuk secara mandiri dan aktif terlibat dalam penelitian-pengembangan materials baru yang bermanfaat dalam penggunaan energi konvensional secara optimal maupun energi baru-terbarukan.

Anda akan mencapai performa puncak dan melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk berhasil hanya jika Anda melakukan sesuatu yang menarik minat Anda atau sesuatu yang Anda peduli. Pengusaha yang sukses tidak keberatan dengan kenyataan bahwa mereka menempatkan dalam 15 atau 18 jam sehari untuk bisnis mereka karena mereka benar-benar mencintai apa yang mereka lakukan. Sukses dalam bisnis adalah semua tentang kesabaran dan kerja keras, yang hanya dapat dicapai jika Anda bergairah dan gila dengan tugas dan kegiatan.

Disamping pendekatan ideologis, harus ditunjang juga dengan pendekatan teknis. Ia melanjutkan, bisnis yang sukses itu bukan bisnis tanpa kegagalan karena dari sebuah kegagalan dapat membentuk bisnis yang kuat. Saya memiliki 2 layanan, yaitu layanan internet hosting, streaming dan pembuatan web site di Serta layanan autoresponder di

“Harapan saya, IIK Strada Indonesia ke depan bisa memunculkan pengusaha-pengusaha muda, mereka yang mempunya ide-ide yang hebat dan inovasi yang hebat. Seperti di acara seminar ini ada sekitar 300 an orang mahasiswa ketika kami tanya, mereka ingin mengaku untuk melangkah maju, memulai usaha, mengaku keterbatasan modal yang pertama. Modal kecil pun ketika bisnis planning jelas, strategi mateng juga bisa besar,” imbuh Alvian. Skema kedua untuk Tahun Anggaran 2018 adalah Bantuan Pinjaman yang harus dikembalikan atau bergulir melalui LPDB-KUMKM sebesar Rp 25 juta hingga Rp 50 juta.

Comments are closed.