20 Tanda Sudah Cocok Menjadi Pengusaha Muda

20 Tanda Sudah Cocok Menjadi Pengusaha Muda

Dengan memulai bisnis ini dan menggunakan modal seadanya, akhirnya hutang tersebut mulailah tertutup. Karena dalam bisnis tentu tidak lepas dengan pemasaran, dengan begitu Anda harus mulai untuk mencari seseorang dan kenalkan mereka tentang bisnis Anda. Fokus mengerjakan sesuatu menurut skala prioritas yang paling penting, disiplin terhadap jadwal kerja sesuai schedule yang telah direncanakan untuk jangka pendek dan panjang. Motivasi untuk pengusaha dengan subjek waktu Anda bisa berfikir bahwa time is money setiap waktu yang Anda miliki berpotensi untuk menghasilkan uang.

Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika kamu dituntut oleh orang tua untuk bekerja sebagai karyawan, meskipun nyatanya kamu lebih suka membuka bisnis sendiri. Atau pun sebaliknya, ketika kamu ingin meniti karir sebagai karyawan di perusahaan impianmu, namun orang tua lebih menuntut untuk melanjutkan bisnis keluarga. Steve Jobs pernah berkata “Jika Anda melihat lebih dekat, kesuksesan membutuhkan waktu yang panjang.” Jangan pernah takut untuk menginvestasikan waktu untuk bisnis dan perusahaan yang Anda bangun. Jadi tidak perlu untuk takut, lebih baik Anda gagal daripada Anda tidak mendapatkan apa-apa. Jangan menggabungkan keuangan pribadi dengan bisnis, dan jadikan perputaran uang pada kegiatan usaha anda tetap berputar di sana, namun tetap sisihkan untuk “menggaji” diri anda sendiri. Tentukan pula berapa harga jual atas produk atau jasa yang akan anda tawarkan dari kegiatan usaha anda, disesuaikan dengan berapa harga pasaran, daya beli konsumen, harga dari kompetitor, dan lain sebagainya.

Apalagi jika Anda membutuhkan artis atau influencer untuk mempromosikan bisnis Anda. “Dengan Tokopedia itu sangat membantu,” ungkap Ridho yang membangun bisnis bersama sang istri, Nadine Gaus. Ridho juga memasang iklan di Tokopedia serta memanfaatkan media sosial untuk promosi. Upaya-upaya itu praktis membuat penjualan produk-produk mereka, utamanya produk yang sudah lama tidak juga laku terjual atau gradual moving item menjadi laris manis di periode Ramadan dan Lebaran 2021. Dihubungi terpisah, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, selama bulan puasa dan lebaran tahun ini terjadi kenaikan pembelian produk dalam negeri, salah satunya fesyen.

Anda harus berani memotong pengeluaran yang tidak perlu, seperti untuk keperluan menjamu basa-basi, perjalanan ekslusif, atau baju baru. Lakukan penghematan tidak hanya di masa surut, tapi juga di masa pasang. Bahkan penghematan di masa pasang bisa dilakukan lebih besar lagi agar tabungan Anda semakin banyak. Salah satu metode yang sering dilakukan adalah dengan membuat agenda kegiatan setiap hari.

Menjadi pebisnis yang baik

Fokus terhadap bisnis yang dijalani dan dikembangkan akan membantu Anda untuk mampu membuat bisnis maju dengan pesat. Banyak pebisnis awam yang cepat puas, sehingga jika satu bisnis sudah dirasa cukup bagus, maka akan membuka bisnis yang baru lagi. Hal ini tidak baik karena akan membuat pikiran Anda terpecah belah sehingga tidak fokus untuk memajukannya. Hati hatilah, karena justru hal ini akan membuat bisnis Anda berantakan. Tetap di atas persaingan dan terus berinovasi membutuhkan mengajukan pertanyaan, berpartisipasi dalam lokakarya pendidikan berkelanjutan, menghadiri konferensi dan belajar dari kesalahan.

Semakin banyak Anda membuat sumber penghasilan yang beragam, akan semakin baik bagi Anda dalam melindungi diri dari kebangkrutan. Jasa pengetikan merupakan salah satu bisnis yang paling laku di area sekitar kampus. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Modal yang diperlukan pun hanya berupa komputer, kios, dan listrik.

Comments are closed.